Open Data Bisa Menyelamatkan Nyawa

Indonesia kini dilanda demam smart city. Banyak kota yang ingin mensinergikan kota mereka dengan kemajuan teknologi sehingga bisa diperoleh manfaat bagi warga. Salah satu yang patut dipertimbangkan dalam menggagas smart city tersebut adalah konsep open data.

Image with border and FancyBox
SareCommunity

Dalam open data, kota merilis data yang mereka gunakan untuk membuat hidup lebih baik bagi warga mereka secara online sehingga memungkinkan wartawan dan peneliti untuk lebih menginformasikan publik.

Los Angeles, misalnya, telah menganalisis data tentang cedera dan kematian di jalan dan dipublikasikan secara online. Sekarang orang dapat menarik kesimpulan dan memahami mengapa departemen publik kota Los Angeles mengutamakan beberapa persimpangan tertentu. Dampak dari jenis investasi ini adalah dapat mengarah langsung ke penyelamatan nyawa dan mencegah cedera. Pekerjaan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas di seluruh dunia untuk membuat kota lebih aman.

Seperti New York City, San Francisco dan Portland, Oregon, Los Angeles telah mengadopsi program Vision Zero Swedia sebagai bagian dari strategi untuk menghilangkan kematian lalu lintas.  Di situs visionzero.lacity.org, dapat dilihat bahwa Kota Los Angeles menggunakan visualisasi data untuk mengidentifikasi lokasi high injury networks atau lokasi di mana 6 persen dari persimpangan tertentu yang berkontribusi terhadap 65 persen cedera parah.

Pekerjaan tersebut adalah hasil dari kemitraan LA dengan mahasiswa pascasarjana University of South California. Sebagai hasil dari analisis tersebut, Los Angeles Police Department telah menindak pejalan kaki yang menyeberang sembarangan di dekat University of Southern California.

Kota Los Angeles saat ini bekerja sama dengan anggota lain dari sektor teknologi untuk menghilangkan kematian lalu lintas, yaitu DataScience yang berbasis di Culver City, California. Menurut DataScience CEO Ian Swanson, Kota Los Angeles sangat data-driven. Ia memuji Walikota Eric Garcetti dan Kota Los Angeles pada keterbukaan, transparansi, dan ketersediaan inisiatif data kota. DataScience menciptakan peta online interaktif yang menunjukkan lokasi tabrakan yang melibatkan sepeda di seluruh kota Los Angeles.

Sumber / Kutipan : http://internetsehat.id/2016/01/open-data-bisa-menyelamatkan-nyawa/

Author's Name

www.sare.or.id

Leave a comment